Sunday 15 June 2014

Perbedaan kulit lumpia dan kulit risoles

Lumpia dan risoles mempunyai kemiripan dari bentuk & bahan pembungkusnya, hanya saja kulit risoles lebih tebal, sedangkan kulit lumpia yang crispy lebih tipis & renyah. Di Surabaya lumpia dibuat dari kulit risoles ini, dikarenakan lebih mudah pembuatannya, yaitu dengan didadar di wajan teflon. Namun cara ini menyebabkan ketebalan agak sulit dikontrol, akibatnya saat digoreng, matangnya lama & teksturnya menjadi keras setelah dingin.

Namun berbeda dengan kulit lumpia Semarang, saat digoreng kulit terluar terasa gurih, kulit lapisan berikutnya terasa kenyal & lezat. Namun untuk lumpia basah, kulit risoles ini bisa dijadikan alternatif untuk membungkus. Nah bagaimana jika dibalik kulit lumpia Semarang jika dijadikan kulit risoles? Karena masyarakat kita sudah terbiasa dengan textur risoles saat digigit, perpaduan antara crispy dari tepung roti & lembutnya dadar kulit, & empuk, maka bagi sebagian besar orang kulit lumpia Semarang kurang pas bila dijadikan penganan risoles, hasilnya akan terlalu kering & keras. 
Kulit risole yang tebal dibagian tengahnya

Adonan dituang ke pan datar



Air lebih banyak jumlahnya dalam adonan kulit risole, dibanding dengan kulit lumpia. Kalo gitu kulit risole lebih tipis dong logikanya dari kulit lumpia yg lebih liat. Proses mamasaknya yang membuat hasilnya terbalik, kulit risole lebih tebal dari kulit lumpia. Kenapa? Karena saat menuang adonan encer untuk membuat kulit risole, kita tidak bisa mengatur ketebalannya. Lihat gambar diatas, Saat adonan sendok pertama dituang di wajan datar & diputar supaya adonan bisa bundar, terkadang adonan sudah matang di beberapa bagian, kita akan menuang lagi kan di bagian-bagian yg belum ketutup. 

Pertanyaannya, bagaimana supaya kulit risole tidak gampang pecah saat dilipat?
Rahasianya adalah saat menguleni adonan, tepung + air + bahan lain diuleni sampai benar-benar kalis, diistirahatkan dulu supaya gluten (ingat gluten ini yang menghasilkan kulit jadi lentur)tepung siap, baru ditambahkan air lebih banyak lagi sambil terus diaduk. Hasilnya kulit risole yg cantik & lentur siap digunakan.

Nah semoga artikel diatas menginspirasi kamu untuk memilih kulit mana yang akan digunakan.

No comments: